Kebakaran dahsyat yang menggegerkan warga Lubukbasung Selasa,(31/8) malam sekitar pukul 20.45 WIB yang menghanguskan toko dan gudang perabot milik Syamsulbahri Dt.Mahajang Dunia di Simpang III Lubukbasung, menyita perhatian ribuan warga.

Kebakaran besar yang terjadi persis di jalan propinsi itu, menjadi tontotan ribuan warga yang tersekat karena akses jalan dua jalur itu, dipenuhi warga dan lalu lalang kendaraan pemadam kebakaran yang berjibaku memadamkan api.

 

Api yang berkobar diduga disebabkan akibat korsleting arus listrik itu, baru bisa dijinakkan oleh tim Damkar Agam yang menurunkan 4 armada pemadam dibantu armada dari Polres Agam, sekitar 1,5 jam setelah api mulai membesar.

Hingga berita ini ditayangkan, proses pendinginan masih berlangsung oleh tim Damkar Agam, sementara kawasan gudang kayu dan toko perabot yang terbakar saat ini, sudah diisolir dengan garis polisi untuk mengantisipasi dampak terhadap masyarakat yang banyak berkerumuman di sekitar lokasi kejadian.

Kebakaran dahsyat yang menyita perhatian ribuan warga Lubukbasung itu, tidak hanya menyebabkan 3 petak toko perabot dan gudang kayu milik Syamsulbahri Dt.Mahajang Dunia itu hangus terbakar, juga menyebabkan 1 unit mobil merk toyota avanza dengan nomor BG 1143 PB ikut terbakar di bagian kanan kendaraan, yang berhasil dievakuasi, sehingga tidak hangus terbakar.

 

Musibah kebakaran itu, menurut Kurniawan Syahputra, Kadinas Satpol.PP-Damkar Agam, berhasil diatasi sekitar 1,5 jam setelah kebakaran, dimana Damkar Agam mengerahkan 4 armada pemadam dari posko utama di Lubukbasung dan posko Tanjung Mutiara, dibantu masyarakat dan unsur lain sehingga api bisa dengan cepat dikendalikan.

Disebutkan, tim Damkar Agam yang langsung turun ke lokasi kejadian, setelah mendapat laporan dari masyarakat, sehingga personilnya bersama warga setempat, langsung bertindak memadamkan api dan mengisolasi kobaran apai agar tidak menjalar ke lokasi lain, karena di sekitar lokasi kebakaran cukup banyak bangunan warga.

Kurniawan Syahputra menyebutkan, tidak ada korban dalam musibah itu, sementara sumber api penyebab kebakaran tengah didalami petugas kepolisian dari Polres Agam.

Menyikapi musibah kebakaran tersebut, Kadinas Satpol.PP-Damkar Agam itu, menghimbau warga untuk selalu waspada terhadap berbagai potensi yang bisa memicu musibah termasuk kebakaran, “ kewaspadaan dan kehati-hatian sangat penting dalam mengantisipasi berdampak dampak musibah yang setiap saat bisa saja muncul, “ungkap Kurniawan Syahputra.

 

Sementara kebakaran yang menyita perhatian banyak pihak itu, sempat menyebabkan kemacetan panjang di ruas jalan propinsi dua jalur tersebut, karena petugas sengaja menyekat kendaraan dari dua hari, apalagi ratusan warga sengaja mendatangi lokasi kejadian untuk menyaksikan proses pemadaman kobaran api yang menerangi kota Lubukbasung itu.

sumber : kaba12.co.id/2021/08/31/gudang-perabot-sy-dt-mahajang-dunia-ludes-jadi-abu-kerugian-ditaksir-lebih-dari-rp-750-juta/



Informasi Serta Merta Lainnya