Sekolah Dasar (SD) Negeri 63 Surabayo Lubuk Basung, Kabupaten Agam, komitmen tanamkan nilai adat budaya Minangkabau bagi anak didiknya melalui gelar lomba petatah petitih.

Hal itu disampaikan Kepala SDN 63 Surabayo, Zilfa, Selasa (4/5/2021).

Zilfa menambahkan, Lomba ini di ikuti 12 orang, dari seluruh tingkatan kelas .

Zilfa, menjelaskan, awal kegiatan menumbuh kembangkan, dan menanamkan Budaya Adat Alam Minang Kabau di SD Negeri 63 Surabayo, dimulai dengan gelar lomba petatah petitih.

“Masih hal baru bagi murid, makanya peserta mengikuti acara ini masih sedikit, namun, kita tetap membina, dan mengapresiasi bagi anak didik yang mengikuti lomba, meski tata penyajian dan ucapannya masih terbata-bata”, ujar Zilfa.

Lomba digelar dalam bentuk daring. Setiap peserta merekam dirinya yang sedang menyampaikan petatah petitih, kemudian rekaman itu dikirim kepada guru yang menjadi juri. Anak didik di SD Negeri 63 Surabayo sudah belajar petatah petitih bersama guru-guru di sekolah.

Lomba ini digelar sudah sesuai dengan arahan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, juga komitmen pihak sekolah menanamkan nilai adat budaya bagi anak didik, yang akan jadi generasi penerus bangsa ini dimasa akan datang. Dijelaskan Zilfa, pergeseran zaman saat ini, tidak banyak lagi generasi yang pandai dan paham dengan adat budaya.

Sungguh tepat, Bupati Agam Dr. Andri Warman menggasa Adat dan Budaya Minangkabau jadia muatan lokal di sekolah. “Sungguh tepat sekali wacana Bupati Agam bapak Andri Warman menggagas Budaya Adat Minangkabau jadi muatan lokal di sekolah”, terang Zilfa

Lomba petatah petitih yang diselenggarakan sekolah, juga mendukung komitmen Bupati Agam dalam mengembangkan dan membudayakan kembali pendidikan adat istiadat di sekolah, agar Budaya Adat Alam Minangkabau tetap lestari.

Perlombaan yang digelar ini, juara I diraih Keysha Destari dari kelas VI B, juara II Muhammad Bintang Ardian kelas V B dan juara III Habbib Williamco Ibrahim kelas IV C. Guna memotivasi anak didik, sekolah memberikan hadiah bagi pemenang, piala, sertifikat dan hadiah cuma-cuma lainnya, ujar Zilfa mengakhiri.



Informasi Serta Merta Lainnya

  • 01 Juni 2020

Surat Edaran Bupati Agam Nomor 823/Perindagkopukm/S.1/VI/2020 Tentang Pemulihan Aktivitas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dalam Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kabupaten Agam

Selengkapnya