Kabupaten Agam merupakan satu dari lima kabupaten kota yang terpilih menjadi daerah sosialiasi pencegahan kekerasan terhadap perempuan di tahun 2021.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang PPA DPPPA Provinsi Sumatera Barat, Quartita Evari Hamdiana, S.KM, MM saat Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan Tahun 2021, di Aula Kantor Dinas Dalduk KB PP dan PA Kabupaten Agam, Senin (29/3/2021)

Quartita menambahkan, beberapa waktu terakhir modus tindak kekerasan terhadap perempuan terus mengalami peningkatan, termasuk di Kabupaten Agam, untuk itu sosialisasi semacam ini perlu dilakukan.

Lebih lanjut, sosialisasi yang dilaksanakan di Kabupaten Agam ini bertujuan untuk memberikan gambaran strategi serta upaya perlindungan terhadap perempuan.

Kemudian sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap perempuan itu dimaksudkan untuk memberi informasi tentang upaya dan kebijakan pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan.

“Selain itu, kegiatan ini dapat mempererat koordinasi, jejaring, dan sinergitas dalam rangka mengoptimalkan upaya perlindungan perempuan,” terangnya.

Quartita berharap, terjadinya peningkatan komitmen aparat terkait dan masyarakat dalam upaya perlindungan perempuan khususnya penanganan dan pencegahan tindak kekerasan.

Sementara itu, Kepala Dinas Dalduk KB PP dan PA Kabupaten Agam, Ir. Erniwati, MSP, didampingi Kepala Bidang Perlindungan Anak, Asnidawati saat membuka sosialisasi mengatakan, kegiatan itu diikuti sejumlah masyarakat yang terdiri dari pengurus dan pendamping lembaga layanan perempuan di Kabupaten Agam.

“Jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi berjumlah 25 orang yang terdiri dari perangkat kecamatan, perangkat nagari, bundo kanduang, Forum Anak Nagari dan lembaga perlindungan perempuan lainnya,” sebutnya.

Pihaknya berharap, dengan sosialisasi tersebut, peserta atau masyarakat dapat berbagi informasi, bertukar pikiran, atau pengalaman dalam rangka menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan.

“Semoga juga terjadi sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam upaya mengurangi tindak kekerasan terhadap perempuan di daerah kita ini,” ucapnya.

Ditambahkan, untuk memberi pemahaman kepada peserta tentang pencegahan kekerasan terhadap perempuan, selain materi yang disampaikan Dinas Dalduk KB PP dan PA Agam, pihaknya juga menggandeng instansi vertikal seperti Kepolisian Resor (Polres) Agam.

“Bagaimana pencegahan dan penindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak, kita juga mendatangkan Kasat Reskrim Polres Agam, AKP. Fahrel Haris sebagai pemateri di kegiatan sosialisasi ini,” ujarnya.



Informasi Serta Merta Lainnya