Pelaku usaha dituntut harus kreatif, inovatif, miliki kemauan yang tinggi, pantang menyerah, dan tangguh.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, SH saat membuka pelatihan kewirausahaan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Senin, (22/3/2021).

Wabup Agam menambahkan, Kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Agam dorong UMKM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dimasa pendemi Covid-19 ini.

Pandemi Covid-19 sangat memukul perekonomian masyarakat, hampir seluruh sektor terdampak olehnya.

"Dengan kejelian pelaku usaha melihat peluang, maka sampai sekarang UMKM masih bisa bertahan meski terdapat banyak kendala yang dihadapi," jelas wabup.

Menurutnya, kendala yang dihadapi seperti pengalihan usaha karena sulitnya pemasaran, sehingga usaha dibuka menyesuaikan kebutuhan di masa pandemi.


Namun, pandemi sangat besar dampaknya terhadap pasar, sehingga melalui sarana dan prasarana yang ada, Pemkab Agam mencoba atasi kendala yang dihadapi pelaku usaha untuk keluar dari kondisi sulit ini.

"Baik itu bantu buka pasar baru maupun lihat celah pasar, dan sangat banyak mungkin yang bisa dilakukan untuk bantu pengembangan UMKM ini," kata Wabup Agam mengakhiri



Informasi Serta Merta Lainnya