PKK sebagai mitra pemerintah mempunyai peran strategis membantu kelancaran program pemerintah terutama peningkatan kesejahteraan pemerintah dan kesejahteraan keluarga serta pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, membuka resmi kegiatan Bulan Bakti Dasawisma (BBD) ke-V dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XIII tingkat Kabupaten Agam tahun 2021, di Kecamatan IV Koto, Rabu (17/3/2021).

Tahun ini Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma dan BBGRM mengangkat tema “Kita perkuat semangat gotong royong dan mengefektifkan penerapan protokol kesehatan serta pemanfaatan pekarangan dengan HATINYA PKK di Dasawisma”.


Bupati Agam menambahkan, menyambut baik kegiatan Bulan Bakti Dasawisma dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ini.


“Kelompok Dasawisma sebagai ujung tombak PKK harus berupaya meningkatkan kualitas kelompoknya, seperti menghijaukan lingkungan dan menamam tanaman produktif melalui pemanfaatan TOGA,” jelas bupati.

Berkaitan dengan semangat gotong royong, nilai tersebut sudah mulai tergerus dalam dinamika masyarakat yang modern.

Oleh karena itu BBGRM merupakan upaya untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong agar selalu hidup dalam jiwa setiap insan sekaligus menstimulasi peran aktif masyarakat.

Menurutnya, dalam kondisi pandemi ini peran serta seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk mematuhi aturan protokol kesehatan Covid-19, serta bergotong royong dalam upaya pencegahan agar segera bangkit dari situasi pandemi tersebut.

“Kelompok dasawisma bersentuhan langsung dengan masyarakat,” jelas bupati.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Agam Ny. Yenni Andri Warman, berharap di hari Bulan Bakti Dasawisma kader PKK di lapangan bisa menggencarkan kegiatan kelompok dasawisma serta meningkatkan klasifikasi dasawisma dari tumbuh, menjadi berkembang dan berkembang menjadi maju.

Untuk meningkatkan prakarsa tersebut, kemauan para kader perlu dilakukan pembinaan secara berjenjang dan berkelanjutan.

“Saya berharap, setelah tingkat kabupaten ketua PKK kecamatan sampai nagari bisa melakukan pencanangan Bulan Bakti Dasawisma dan BBGRM diikuti secara seksama,” pinta Ny. Yenni.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Ny. Titik Irwan Fikri melaporkan, kegiatan pencanangan Bulan Bakti Dasawisma dan BBGRM tersebut bertujuan menumbuhkan rasa kesadaran bergotong rotong dan tanggungjawab pelaksaaan 10 Program PKK serta memotivasi kader PKK dalam meningkatkan silaturahmi antar sesama kader.

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya pengurus TP-PKK Kabupaten Agam, TP-PKK kecamatan, ketua TP-PKK nagari, camat se-Agam dan wali nagari utusan 16 kecamatan.

“Totalnya 149 orang. Alhamdulillah, berjalan sesuai dengan protokol kesehatan,” terang Ny. Titik mengakhiri.

Usai acara, bupati dan rombongan mengunjungi stand UP2K PKK di 16 kecamatan.



Informasi Serta Merta Lainnya

  • 01 Juni 2020

Surat Edaran Bupati Agam Nomor 823/Perindagkopukm/S.1/VI/2020 Tentang Pemulihan Aktivitas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dalam Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kabupaten Agam

Selengkapnya