Fakultas Pertanian Universitas Andalas (UNAND Padang, gelar program pengabdian masyarakat di Sungai Paga, Jorong PGRM, Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang.

Hal itu disampaikan Camat Tilatang Kamang Ade Harlen, Minggu (4/4/2021).

Ade Harlen menjelaskan, Program pengabdian masyarakat dengan tema Pengembangan Kawasan Agro Ekowisata Berbasis Tanaman Aren dan Produk Turunannya itu mendapat respon luar biasa dari berbagai kalangan.

Lanjut Ade, kegiatan yang digelar jurusan budidaya pertanian fakultas pertanian Unand, Padang di lahan konservasi penanaman pohon aren yang dinilai potensial dikembangkan di wilayah itu.

Tim Fakultas Pertanian Unand, diantaranya Dr.Ir. Indra Dwipa .MS (Dekan Fakultas Pertanian Unand), Dr. Ir. Agustian (Wakil Dekan 1 Fakultas Pertanian Unand), Dr. Ir. Beni Satria.MP( Ketua Jurusan Budidaya Pertanian ), Prof.Dr. Ir. Aswaldi Anwar.MS, Prof.Dr. Ir.Irfan Suliansya. MS, Afrima Sari SP. MP (tim peneliti aren), serta para dosen jurusan  budidaya pertanian dan ilmu tanah  yang berjumlah 35 orang.

Kegiatan itu direspon luar biasa tokoh masyarakat dibuktikan dengan kehadiran Walinagari Gadut, Walinagari Gadut Barat, Kelompok Tani Pengiat Aren Sungai Paga, Dinas Pertanian Agam,  Dinas Kehutanan didukung kelompok kemanusiaan Tilatangkamang (KKT).

Kegiatan ini ditandai dengan penanaman  pohon aren secara bersama di lokasi, sebelum penanaman dilaksanakan terlebih dahulu temu ramah, dimana dalam sambutan dari perwakilan kelompok tani aren Sungai Paga diwakili Yanuar Uncu.

Pengabdian masyarakat ini, mendorong pengembangan wilayah ini sebagai salah satu tempat yang pontesial dijadikan kawasan Agro Ekowisata di Kecamatan Tilatang Kamang dengan obyek pohon aren yang didukung  tanaman lainya di area ini.

” Hal ini, sesuai dengan program prioritas Bupati Agam dalam pengembangan potensi pariwisata dan pertanian, selaras dengan tagline “Rings Of  Wonderful Tilatang Kamang”,” sebut Ade Harlien.

”Kedepan kita bisa menciptakan bibit pohon pohon aren unggul dan bisa menghidupkan perekonomian masyarakat setempat,” harap Ade Harlen mengakhiri.



Informasi Serta Merta Lainnya

  • 01 Juni 2020

Surat Edaran Bupati Agam Nomor 823/Perindagkopukm/S.1/VI/2020 Tentang Pemulihan Aktivitas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dalam Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kabupaten Agam

Selengkapnya