Harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Kabupaten Agam memasuki H-6 lebaran Idul Fitri tahun 2021 mulai meroket, Jum’at (7/5/2021).

Salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, santi (40) mengatakan, harga cabai merah keriting saat ini dijual berkisar Rp 30 ribu per kilogram, sebelumnya Rp 20 per kilogram.
    
Sementara, harga cabai merah keriting sekarang naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram, kenaikan harga diperkirakan sudah terjadi sejak sepekan yang lalu, kata santi, Jumat (7/5/2021).

Ia mengaku, selain faktor menjelang lebaran, kenaikan harga cabai juga disebabkan oleh terbatasnya stok dari tingkat distributor. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan dari masyarakat pada bulan Ramadhan.
Baca Juga:  Walikota Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah

Selain itu, kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah. Saat ini, salah satu bumbu dapur itu dijual pedagang berkisar Rp 25 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram.

Sedangkan harga bawang putih saat ini dijual berkisar Rp 23 ribu, sebelumnya Rp 18 ribu per kilogram.

“Untuk harga bawang saat ini naik Rp 5 ribu dari harga sebelumnya. Sekarang bawang merah dijual Rp 25 ribu per kilogram, sementara bawang putih Rp 23 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kenaikan harga sejumlah bahan pokok ini merupakan hal biasa yang terjadi pada setiap tahunnya menjelang lebaran Idul Fitri. Disamping itu, ia juga mengaku saat ini belum terjadi lonjakan permintaan dari pembeli.

“Diperkirakan para pedagang bahan pokok di pasar akan ramai pembeli saat mendekati lebaran atau tepatnya pada H-4 nanti,” kata santi mengakhiri.



Informasi Serta Merta Lainnya

  • 01 Juni 2020

Surat Edaran Bupati Agam Nomor 823/Perindagkopukm/S.1/VI/2020 Tentang Pemulihan Aktivitas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dalam Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kabupaten Agam

Selengkapnya