Cegah STUNTING atau tubuh pendek akibat kurang gizi kronik itu Penting dan selamatkan periode 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan), upaya ini sangat diperlukan, mengingat stunting akan berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak dan status kesehatan pada saat dewasa.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Agam Riyanti saat membuka Rapat koordinasi Penangganan Stunting Tahun 2021 di Aula Dinas Kesehatan Agam, Selasa (23/3/2021).

Hadir dalam Rakor tersebut Bappeda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinas Sosial, Dinas PPKBPPdanPA, Dinas Dukcapil, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, DLH, Diskominfo, Dinas Arpus, Dinas Pertanian, Puskesmas Batu Kambing, Puskesmas Malalak, Puskesmas Padang Lua, Puskesmas Palembayan, Puskesmas Palupuh, Puskemas IV Koto dan Puskesmas Magek.

Nara Sumber dalam Rakor ini Safwan SKM, M.Kes Kabid Masyarakat DInas Kesehatan Propinsi Sumbar dengan materi Kebijakan Penanganan STUNTING dengan Intervensi gizi, Detolius Bappeda Propinsi Sumbar dengan materi arah kebijakan penanganan Stunting dalam dokumen RKPD dan RPJMD, Rosmadeli SKM. M. Biomed Dinas PMD Prov. Sumbar dengan materi Pemanfaatan Dana desa untuk konvergensi stunting.

Lalu, Andri, ST, MT Bappeda Agam dengan materi Penurunan Stunting di Kabupaten Agam, Bisman Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Agam dengan Materi Kondisi Stunting di Kabupaten Agam.

Riyanti menambahkan, ada delapan aksi agenda aksi intervnsi stunting di Kabupaten Agam, analisa situasi, rencana kegiatan, rembut stunting, penyusunan perbub, pembinaan kader pembangunan manusia, sistem manajemen data stunting, pengukuran dan publikasi data stunting, rview kinerja, saat ini untuk analisa situasi dan rencana kegiatan sebagai aksi I dan II telah dilaksanakan.

KAbupaten sebagai satu daerah Locus Stunting dari sembilan daerah di Provinsi Sumatera Barat, memperoleh kesempatan dalam kesiapan penilaian intervensi stunting.

Riyanti berharap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mempersiapkan data-data pendukung serta mempresentasikan realisasi kinerja OPD terhadap penanganan stunting di Penilaian nanti agar agenda aksi tiga sampai delapan bisa terpenuhi dan akhirnya penurunan Stunting di Kabupaten Agam bisa tercapai, katanya mengakhiri.



Informasi Serta Merta Lainnya

  • 01 Juni 2020

Surat Edaran Bupati Agam Nomor 823/Perindagkopukm/S.1/VI/2020 Tentang Pemulihan Aktivitas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dalam Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kabupaten Agam

Selengkapnya